Hardware, Software, dan Brainware



MAKALAH HARDWARE, SOFTWARE, DAN BRAINWARE
UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
BAB I
PENDAHULUAN
   A.    Latar Belakang
    Saat ini komputer digunakan pada hampir semua
bidang kehidupan seperti perbankan, rumah sakit, sekolahan, penerbitan, manufaktur, hiburan, toko, perpustakaan, pabrik, biro perjalanan, hotel, penelitian, produksi film, maninan(game), konferensi, pelayanan keamanan, perekaman absensi, akutansi, pemilihan umum, pengadilan, universitas, penjara, dan sebagainya.
Pembelian komputer, laptop, ataupun handphone mempertimbangkan sejumlah factor sebelum menetapkan pilihan seperti kinerja yang baik, harga murah, kemampuan pemrograman yang mudah, biaya perawatan murah, dan sebagainya.
Hal inilah yang menjadi sukma dari tujuan arsitektur komputer, laptop, ataupun handphone dan insiyur perancangan dalam menyediakan fitur-fitur tersebut.
    Komputer adalah alat elektronika yang dapat diprogram yang berfungsi untuk menyelesaikan berbagai macam permasalahan komputasi dan manipulasi data. Kemampuan dasar komputer adalah melakukan kalkulasi atau komputasi aritmetika. Komputer digunakan untuk menyelesaikan masalah dalam banyak bidang. Proses penyelesaian suatu masalah dengan menggunakan komputer yaitu dengan menganalisis suatu masalah. Kemudian program dikembangkan untuk komputer pada setiap algoritma. Program ini dijalankan pada komputer dengan sampel data dan komputer memberikan hasilnya. Dengan melakukan pemeriksaan yang hati-hati pada hasil. Koreksi yang tepat dilakukan terhadap program dan kesalahannya dibetulkan.
    Sebuah laptop, atau biasa disebut notebook atau komputer notebook adalah komputer pribadi kecil 
yang portabel. Meskipun awalnya ada perbedaan antara laptop dan notebook, yang 
pertama lebih besar dan lebih berat dari yang terakhir, pada tahun 2014, 
sering tidak ada lagi perbedaan. Laptop biasanya digunakan dalam berbagai pengaturan, 
seperti di tempat kerja, di bidang pendidikan, dalam bermain game, surfing internet, untuk 
multimedia pribadi dan penggunaan komputer di rumah umum.  
Laptop standar menggabungkan komponen, input, output, dan kemampuan 
komputer desktop, termasuk layar tampilan, speaker kecil, keyboard, hard disk drive,
 perangkat penunjuk cakram optik (seperti touchpad atau trackpad), prosesor, dan 
memori menjadi satu kesatuan. Sebagian besar laptop era 2016 juga memiliki webcam terintegrasi 
dan mikrofon built-in. Beberapa laptop era 2016 memiliki layar sentuh. Laptop dapat bertenaga baik 
dari baterai internal atau dengan catu daya eksternal dari adaptor AC. 
 Spesifikasi perangkat keras, seperti kecepatan prosesor dan kapasitas memori, bervariasi secara 
signifikan antara tipe, model, dan harga yang berbeda. Elemen desain, faktor bentuk dan konstruksi
 juga dapat bervariasi secara signifikan antara model tergantung pada penggunaan yang diinginkan. 
Contoh model laptop khusus mencakup notebook kasar untuk digunakan dalam aplikasi konstruksi
 atau militer, serta biaya produksi rendah seperti laptop dari satu laptop per organisasi anak, yang
 menggabungkan fitur seperti pengisian solar dan komponen semi fleksibel yang tidak ditemukan
 pada kebanyakan komputer laptop Komputer portabel, yang kemudian berkembang menjadi laptop
 modern, pada awalnya dianggap sebagai pasar ceruk kecil, kebanyakan untuk aplikasi lapangan
 khusus, seperti di militer, untuk akuntan, atau perwakilan penjualan perjalanan. Sebagai komputer
 portabel berevolusi menjadi laptop modern, mereka menjadi banyak digunakan untuk berbagai tujuan.  
    Ponsel cerdas (smartphone) adalah telepon genggam yang mempunyai kemampuan dengan pengunaan dan fungsi yang menyerupai komputer. Belum ada standar pabrik yang menentukan arti ponsel cerdas. Bagi beberapa orang, ponsel cerdas merupakan telepon yang bekerja menggunakan seluruh perangkat lunak sistem operasi yang menyediakan hubungan standar dan mendasar bagi pengembangaplikasi. Bagi yang lainnya, ponsel cerdas hanyalah merupakan sebuah telepon yang menyajikan fitur canggih seperti surel (surat elektronik), internet dan kemampuan membaca buku elektronik (e-book) atau terdapat papan ketik (baik sebagaimana jadi maupun dihubung keluar) dan penyambung VGA. Dengan kata lain, ponsel cerdas merupakan komputer kecil yang mempunyai kemampuan sebuah telepon. Pertumbuhan permintaan akan alat canggih yang mudah dibawa ke mana-mana membuat kemajuan besar dalam pemroses, memori, layar dansistem operasi yang di luar dari jalur telepon genggam sejak beberapa tahun ini.
  B.     Rumusan Masalah
1.      Apakah Definisi dari Hardware, Software, dan Brainware ?
2.      Sebutkan dan Jelaskan Macam-Macam Komponen dalam Hardware dan Software dari
       Komputer, Laptop, dan Smartphone ?
3.      Bagaimana Mekanisme Kerja Hardware, Software, dan Brainware dari Komputer, Laptop, 
      dan Smartphone. ?
  C.     Tujuan
1.      Mengetahui Apa Definisi Dari Hardware, Software, dan Brainware.
2.      Dapat Menyebutkan dan Menjelaskan Macam-Macam Komponen dalam Hardware dan Software 
       dari Komputer, Laptop, dan Smartphone.
3.      Mengetahui Mekanisme Kerja Harware, Software, dan Brainware dari Komputer, Laptop, 
       dan Smartphone
 
BAB II
PEMBAHASAN
   A.    Definisi
    Hardware (perangkat keras) merupakan komponen pada komputer yang dapat terlihat dan disentuh secara fisik. Hardware dibagi menjadi 3 perangkat yaitu perangkat masukan, perangkat pemroses, dan perangkat output.
    Software (perangkat lunak) adalah data-data yang terdapat pada sebuah komputer yang diformat kemudian disimpan secara digital. Bisa dibilang software merupakan perangkat yang tidak terlihat secara fisik, tetapi terdapat dalam komputer.
    Brainware (perangkat manusia) adalah orang yang menggunakan atau mengoprasikan komputer.
 
  B.     Macam-macam Komponen
1.      Komputer
A.    Hardware
    Pengertian Hardware atau Perangkat Keras adalah komponen pada komputer yang dapat terlihat dan disentuh secara fisik. Jadi, rupa secara fisik dari komputer dapat kita sebut sebagai Hardware atau Perangkat Keras. Contoh dari Hardware adalah sebagai berikut:
1. Hardware input
Hardware input adalah sebuah hardware yangberfungsi sebagai pemasukan data seperti mouse,keyboard dan scanner.
a.       Mouse
Mouse adalah hardware yang berfungsi untuk menggerakan pointer dilayar monitor.
b.      Keyboard
Keyboard adalah hardware yang berupa huruf,angka dan yang lainnya dan berfunsi untuk mengetik dan bahkan megatur setting bios melalui keyboard dan bisa juga digunakan untuk meng-install OS. 
c.       Scanner
Scanner hardware yang berfungsi untuk memasukan data analog menjadi data digital dengan cara memindai suatu gambar dari scanner kedalam sebuah komputer.
2. Hardware Processing
Hardware Processing adalah sebuah hardware yang dapat memproses data apapun bentuknya seperti mainboard,processor,RAM,HDD,VGA card,power supply dan DVD-RAM.
a.       Mainboard
Mainboard merupakan papan induk penghubung semua alat penghubung semua hardware processing dari processor sampai DVD-RAM.
b.      Processor
Processor adalah hardware yang mampu memproses data dalam bentuk apapun.processor dapat dihitung kemampaunnya dengan cara mengukur kecepatan porcessor itu bekerja dalam satuan Hertz(Hz).   
c.       RAM
RAM merupakan suatu hardware yang berfungsi sebagai sarana penyimpanan smentara yang prinsipnya jika komputer hidup data yang sedang diproses akan terus diproses jika komputer dimatikan data ynag diproses akan hilang karena bersifat remanen/sementara.
d.      HD
HDD adalah hardware penyimpana dalam ukuran yang sangat besar dan untuk menyinpan data apa saja.saat ini ukuran terbesar dari HDD adalah 1.5 TB/1500 GB.
e.       VGA card
VGA card adalah hardware yang berfungsi untuk memproses data grafus misalakan dalam bermain sebuah game VGA card tersebut memproses grafis yang ada dalam sebuah game tersebut,dalam hardware in terjadi suatu kemajuan yang sangat pesat seiring adanya game-game berkualitas grafis tinggi.  
f.  Power supply
Power supply suatu hardware yang berfunsi sebagai penyalualiran listrik yang berada didalam komputer jika hardware ang berada didalam komputer tidak dialiri listrik maka suatu PC tidak bisa menyala.
g.      DVD-RAM
DVD-RAM adalah hardware yang berfungsi untuk menulis dan membaca kepingan CD maupun DVD kemapuannya dapat diukur dengan cara melihat kecepatan baca dan tulis dari DVD-RAM tersebut misalkan 40X kecepatan baca dan tulis diDVD dan 52X kecepatan baca dan tulis diCD.

3. Hardware Output
Adalah hardware yang menampilkan hasil data berbentuk gambar,suara dan selembar kertas.contoh dari hardware output adalah monitor,speaker dan printer.
a.       Monitor
Monitor adalah hardware yang berfungi untuk menampilkan suatu gambar hasil proses.tipe monitor sekarang ada 2 yaitu CRT dan LCD.CRT(cathode ray tube)adalah monitor yang berprinsip menggunakan laser-laser warna dalam sebuah tabung(makannya monitor CRT itu cendrung panjang kebebelakang.LCD(liquid crystal display)adalh monitor yang berprisip menguunakan cairan kristal untuk membentuk suatu gambar.
b.      Speaker
Speaker adalah hardware yang berfungsi untuk menampilkan data berbentuk suara.
c.       Printer
Printer adalah hardware yang berfunsi untuk memindahkan data dari komputer ke kertas.
d.      Plotter
Plotter merupakan perangkat keluaran yang dapat menghasilkan grafik
atau gambar dengan kualitas tinggi dan berwarna. Plotter sering digunakan untuk membuata peta, ilustrasi tga dimensi, dan gambar-gambar arsitektur. Beberapa merk plotter yang saya ketahui yaitu, Canon, HP, Epson, dan Compaq.
e.       Flash Disk
Flashdisk merupakan media penyimpanan yang memiliki kapasitas tertentu dari 128 MB, 256 MB, 512 MB, 1 GB, 2 GB, 4 GB, 8 GB sampai 16 GB. Flash disk bekerja pada sistem oprasi Windows ME, Windows 2000, Windows XP, Mac OS, Linux, dll. Beberapa merk Flashdiks antara lain, yaitu : Kingstone, Adata, HP, dan MiVo.
B.     Software
    Software (Perangkat Lunak) adalah Program yang berisi instruksi yang akan menjalankan perintah untuk melakukan pengolahan data.
Berdasarkan fungsinya, terbagi menjadi:
» Operating Sistem (Sistem Operasi)
» Application Software ( Program Apliaksi)
» Utility Software (Program Bantu)
» Programming Language (Bahasa Pemrogaman)
1. Sistem Operasi
Merupakan perangkat lunak yang berfungsi mengendalikan semua komponen yang terdapat pada mesin komputer.  Di bawah ini adalah contoh-contoh dari sistem operasi :
a.       Microsoft Windows
Microsoft Windows atau biasa disebut Windows adalah Sistem Operasi yang dikembangkan oleh Bill Gates atau ketau CEO Microsoft Corporation yang menggunakan interface berbasis GUI (Graphical User Interface) atau tampilan interface bergrafis.
Awalnya Windows bermula dari Ms-Dos (Microsoft Disk Operating System) yaitu sebuah Sistem Operasi yang berbasiskan teks dan Command-Line interpreter. Windows Versi pertama, Windows Graphic Environmnet 1.0 merupakan perangkat lunak yang bekerja atas arsitekstur 16-Bit dan bukan merupakan Sistem Operasi dan berjalan atas MS-DOS, sehingga untuk menjalankannya membutuhkan MS-DOS. MS-DOS sendiri sebenarnya dibuat oleh perusahaan pembuat 
komputer Seattle Computer Products dan barulah kemudian direkrut oleh Microsoft yang selanjutnya dibeli lisensinya.
b.      UNIX
UNIX adalah Sistem Operasi yang diciptakan oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie, dikembangkan oleh AT&T Bell Labs. UNIX didesain sebagai Sistem Operasi yang portabel, Multi-Tasking dan Multi-User. Sistem Operasi UNIX lebih menekankan diri pada Workstation dan Server, Karena faktor ketersediaan dan kompatibilitas yang tinggi menyebabkan UNIX dapat digunakan, disalin dan dimodifikasi sehingga UNIX pun dikembangkan oleh banyak pihak dan menyebabkan banyak sekali varian dari UNIX ini.
UNIX sendiri ditulis dalam bahasa C sehingga UNIX pun mirip dengan DOS yaitu Line/Text Command Based selain itu UNIX pun merupakan Sistem Operasi yang secure dibanding dengan Sistem Operasi lain, karena setiap file, direktori, user dan group memiliki set izin tersendiri untuk diakses. Karena adanya dukungan Proyek GNU, maka selanjutnya UNIX berkembang menjadi LINUX (Salah satu varian UNIX).

c.       LINUX
Awalnya dikembangkan oleh Linus Torvalds yang pada mulanya sekedar emulasi terminal yang dibutuhkan untuk mengakses server UNIX di Universitasnya. Linux merupakan kloningan dari MINIX (Salah satu varian UNIX), peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari Sistem Operasi GNU. Linux memiliki banyak design yang berasal dari design dasar UNIX, Linux menggunakan Kernel Monilitik yaitu Kernel Linux yang menangani kontrol prosses, jaringan, periferal, dan pengaksesan sistem berkas. Sama seperti UNIX, Linuxpun dapat dikendalikan oleh satu atau lebih interface baris perintah (Command Line Interface/CLI) berbasis teks, interface pengguna grafis (Graphical User Interface/GUI) yang merupakan konfigurasi bawaan untuk versi dektop.
d.      Macintosh
MAC OS atau Macintosh Operating System adalah Sistem Operasi yang dibuat oleh Apple Computer khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan komputer berbasis IBM. MAC-OS merupakan Sistem Operasi pertama yang menggunakan interface berbasis grafis (Graphical User Interface/GUI).
2. Program Aplikasi
Merupakan suatu program yang ditulis dengan bahasa pemrograman tertentu untuk diterapkan pada bidang tertentu. Contoh program aplikasi yang sering digunakan yaitu :
a.       Microsoft Office
Microsoft Office adalah perangkat lunak paket aplikasi perkantoran buatan Mocrosoft dan dirancang untuk dijalankan di bawah sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS X. Beberapa aplikasi didalam Microsost Office yang terkenal adalah Word, Word dan PowerPoint.
b.      Adobe Photoshop
Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor buatan Adobe System yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai  produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe System. Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite), versi sembilan disebut Adobe Photoshop CS2, versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3 , versi kesebelas adalah Adobe Photoshop CS4 , versi keduabelas adalah Adobe Photoshop CS5 , dan seterusnya..
c.       Adobe Dreamweaver
Adobe Dreamweaver merupakan program penyunting halaman web keluaran Adobe System yang dulu dikenal sebagai Macromedia Dreamweaver keluaran Macromedia. Program ini banyak digunakan oleh pengembang web karena fitur-fiturnya yang menarik dan kemudahan penggunaannya. Versi terakhir Macromedia Dreamweaver sebelum Macromedia dibeli oleh Adobe System yaitu versi 8. Versi terakhir Dreamweaver keluaran Adobe System adalah versi 10 yang ada dalam Adobe Creative Suite 4 (sering disingkat Adobe CS4).
d.      Adobe Acrobat
Adobe Acrobat adalah perangkat lunak pertama yang mendukung Portable Document Format (PDF) milik Adobe System, sejenis format data dokumen. Terdiri dari Adobe Reader yang hanya dapat menampilkan dan mencetak dokumen dan tersedia secara cuma-cuma, dan Adobe Acrobat untuk menyunting dokumen.
e.       Google Chrome
Google Chrome adalah sebuah peramban web sumber terbuka yang dikembangkan oleh Google dengan menggunakan mesin rendering WebKit. Proyek sumber terbukanya sendiri dinamakan Chromium.
Versi beta untuk Microsoft Windows diluncurkan pada 2 September 2008 dalam 43 bahasa. Versi Mac OS X dan Linux sudah dirilis
f.       WinRAR
WinRAR adalah sebuah shareware pengarsipan dan kompresi oleh Eugene Roshal. Pocket RAR, sebuah versi untuk Pocket PC, tersedia secara freeware. WinRAR dapat mengkompresi/memadatkan file yg ingin di kompresi hingga 40%, misalnya file A berukuran 100MB di kompresi dengan WinRAR dapat menjadi hanya Setengahnya saja (50MB) , sehingga lebih sedikit memakan Storage

3. Program Utility
    Merupakan suatu program untuk membantu sistem operasi. Berikut adalah contoh dari program Utility :
a.       AVAST Antivirus
AVAST Antivirus adalah salah satu dari sekian banyak produsen keamanan yang dapat kita andalkan untuk melindungi PC kita terhadap berbagai macam ancaman seperti malware, spyware, adware, trojan dan lain sebagainya.
b.      Windows Media Player
Windows Media Player adalah perangkat lunak pemutar musik, video dan gambar (foto) buatan Microsoft. Windows Media Player merupakan bagian dari platform Windows Media yang dikembangkan oleh Microsoft. Sesuai dengan namanya, Windows Media Player ditugaskan untuk melakukan operasi playback terhadap berkas multimedia digital berformat Windows Media Format (WMA, WMV atau ASF), MPEG Audio Layer 3 (MP3), dan beberapa format multimedia digital lainnya. Bagian yang lainnya dari platform Windows



Media, adalah Windows Media Services (dulunya dikenal dengan NetShow Server), yang bertugas untuk mengalirkan data multimedia digital dengan menggunakan teknologi multimedia streaming.
c.       Winamp
Winamp adalah alat pemutar media buatan Nullsoft, yang sekarang merupakan suatu cabang Time Warner. Winamp merupakan perangkat lunak freeware atau shareware yang dapat memainkan berbagi codec dan tipe audio dan juga dapat dikostumisasi.
d.      FLV Player
FLV Player adalah program untuk memutar Adobe Flash Video (FLV dan H.264 / MPEG-4). FLV Player Mendukung baik lokal dan internet streaming konten, memiliki modus layar penuh dan yang terbaik dari semua.
4. Bahasa Pemrograman
Atau lebih dikenal juga dengan bahasa komputer atau bahasa pemrograman komputer, adalah instruksi standar yang berfungsi untuk memerintah komputer. Berikut ini contoh-contoh dari bahasa pemrograman:                                               
a.       HTML
HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet.
HTML berupa kode-kode tag yang menginstruksikan browser untuk menghasilkan tampilan sesuai dengan yang diinginkan.
Sebuah file yang merupakan file HTML dapat dibuka dengan menggunakan browser web seperti Mozilla Firefox atau Microsoft Internet Explorer.
b.      PHP
PHP adalah bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai saat ini. PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama FI (Form Interpreted), yang wujudnya berupa sekumpulan script yang digunakan untuk mengolah data form dari web.
PHP banyak dipakai untuk membuat situs web yang dinamis, walaupun tidak tertutup kemungkinan digunakan untuk pemakaian lain.
c.       ASP
ASP adalah singkatan dari Active Server Pages yang merupakan salah satu bahasa pemograman web untuk menciptakan halaman web yang dinamis.
ASP merupakan salah satu produk teknologi yang disediakan oleh Microsoft. ASP bekerja pada web server dan merupakan server side scripting.
d.      Delphi
Borland Delphi atau biasa disebut Delphi saja, merupakan sarana pemrograman aplikasi visual. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah bahasa pemrograman Pascal atau yang kemudian disebut bahasa pemrograman Delphi. Delphi merupakan generasi penerus dari Turbo Pascal. Turbo Pascal yang diluncurkan pada tahun 1983 dirancang untuk dijalankan pada sistem operasi DOS.
e.       Bahasa C
Bahasa C adalah bahasa pemrograman yang memiliki portabilitas tinggi. Program C yang kita tulis untuk satu jenis platform, bisa kita
kompile dan jalankan di platform lain dengan tanpa ataupun hanya sedikit perubahan. Ini bisa diwujudkan dengan adanya standarisasi ANSI untuk C. C adalah bahasa pemrograman dengan kata kunci (keyword) sedikit. Kata kunci disini adalah merupakan fungsi ataupun kata dasar yang disediakan oleh kompiler suatu bahasa pemrograman. Hal ini membawa pengaruh semakin mudahnya kita menulis program dengan bahasa tingkat rendah.
f.       Visual Basic
Microsoft Visual Basic (sering disingkat sebagai VB saja) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang menawarkan Integrated Development Environment (IDE) visual untuk membuat program perangkat lunak berbasis sistem operasi Microsoft Windows dengan menggunakan model pemrograman (COM), Visual Basic merupakan turunan bahasa pemrograman BASIC dan menawarkan pengembangan perangkat lunak komputergrafik dengan cepat, Beberapa bahasa skrip seperti Visual Basic for Applications (VBA) dan Visual Basic Scripting Edition (VBScript), mirip seperti halnya Visual Basic, tetapi cara kerjanya yang berbeda.
                                                               
g.      Pascal
Dirancang oleh Prof. Nicklaus Wirth dari Technical University di Zurich, Switzerlandtahun 1971.Nama Pascal berasal dari Blaise Pascal, nama ahli matematika dan philosopi dari Perancis (abad 17). Pengembangan dari bahasa Algol 60 dan Algol W (turunan Algol 60). Memiliki beberapa versi, seperti : Turbo Pascal, Ms Pascal (Microsoft), Apple Pascal,UCSD (University of California at San Diego Pascal), dll. Turbo Pascal yang dibuat oleh Borland Inc. adalah versi yang paling banyak digunakan karena menggunakan Compiler untuk menterjemahkannya dan juga mengikuti standard bahasa Pascal yang dibuat oleh Nicklaus Wirth dan K. Jensen. Pascal merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi (high level language) dan terstruktur (Structured Programming language).
h.      JAVA
Java adalah sebuah teknologi yang diperkenalkan oleh Sun Microsystems pada pertengahan tahun 1990. Menurut definisi dari Sun, Java adalah nama untuk sekumpulan teknologi untuk membuat dan
menjalankan perangkat lunak pada komputer stand alone ataupun pada lingkungan jaringan. Kita lebih menyukai menyebut Java sebagai sebuah teknologi dibanding hanya sebuah bahasa pemrograman, karena Java lebih lengkap dibanding sebuah bahasa pemrograman konvensional.
i.        C++
C++ adalah bahasa pemrograman komputer C++ dikembangkan di Bell Labs (Bjarne Stroustrup) pada awal tahun 1970-an, Bahasa itu diturunkan dari bahasa sebelumnya, yaitu BCL, Pada awalnya, bahasa tersebut dirancang sebagai bahasa pemrograman yang dijalankan pada sistem Unix, Pada perkembangannya, versi ANSI (American National Standart Institute) Bahasa pemrograman C menjadi versi dominan, Meskipun versi tersebut sekarang jarang dipakai dalam pengembangan sistem dan jaringan maupun untuk sistem embedded, Bjarne Stroustrup pada Bell labs pertama kali mengembangkan C++ pada awal 1980-an, Untuk mendukung fitur-fitur pada C++, dibangun efisiensi dan sistem support untuk pemrograman tingkat rendah


j.        PERL
PERL merupakan bahasa pemograman yang mirip bahasa pemograman C. Dan digunakan untuk segala keperluan, dikembangkan pertama kali oleh Larry Wall di    mesin Unix. Perl dirilis pertama kali pada tanggal 18 Desember 1987 ditandai dengan keluarnya Perl 1. Pada versi-versi selanjutnya, Perl tersedia pula untuk berbagai sistem operasi varian Unix (SunOS, Linux, BSD, HP-UX), juga tersedia untuk sistem operasi seperti DOS, Windows, PowerPC, BeOS, VMS, EBCDIC, dan PocketPC.
C.     Brainware
    Brainware adalah orang yang menggunakan atau mengoprasikan omputer. Contoh dari brainware yaitu programmer, blogger, netter dan juga orang yang menggunakan omputer juga disebut brainware. Dan disisi lain juga brainware dapat dikatakan sebagai perangkat intelektual yang mengoprasikan kemampuan dari hardware ataupun software. Tanpa adanya brainware maka Hardware ( Perangkat Keras ) dan Software ( Perangkat Lunak ) tidak akan bekerja secara 
maksimal atau tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal.
Pengguna yang mengoprasikan komputer bisa disebut dengan User. ada beberapa macam user contohnya sebagai berikut :
1. System Analyst
Seseorang penanggung jawab atas penelitian, perencanaan dalam memilih perangkat lunak serta sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis maupun perusahaan. Seorang sistem analyst wajib memiliki 4 kemampuan atau keahlian seperti analisis, teknis, manajerial, dan interpersonal. system analyst juga memegang peranan yang sangat penting dalam proses pengembangan sistem. dan satu hal terpenting seorang system analyst harus mampu untuk bekerja dengan berbagai jenis bahasa pemrograman, system operasi, serta perangkat keras yang digunakan.
2. Programmer
Seseorang yang mempunyai kemampuan dalam menguasai bahasa pemrograman seperti bahasa C, Pascal, Java, Html, dan lain-lain. Programmer ini juga bisa dikatakan pembuat atau menciptakan suatu hal yang baru yang dibutuhkan pada sistem komputerisasi yang sedang di rancangnya.
                                                         
3. Administrator
Seseorang yang bertugas mengolah suatu sistem operasi dan program-program yang berjalan pada sebuah sistem komputer.
4. Operator
Seseorang yang bertugas melayani dan menjalankan sistem maupun peralatan yang ada hubungannya dengan perangkat komputer tersebut. Operator ini memiliki tingkatan terakhir karena operator ini hanya bertugas untuk memainkan atau menggunakan komputer saja.
2.      Laptop
A.    Hardware
a.       Motherboard
Seperti halnya pada komputer, pada laptop juga terdapat motherboard atau papan induk, motherboard ini sebagai otak dalam sebuah laptop, dan juga terdiri dari slot slot untuk memasang hardware lainnya.
b.      Hard Disk
Hard disk adalah perankat keras untuk menyimpan data komputer, ukuran hardisk laptop sedikit berbeda dengan hard disk komputer, hard disk laptop
berukuran kecil dan sedikit ramping, tetapi fungsinya sama denan hard disk komputer.
c.       Processor
Processor adalah sebuah perangkat dalam sebuah laptop yang berbentuk chip untuk pemeroses data , melakukan perhitungan dan menjalankan perintah. Processor sebuah perangkat vital dalam sebuah laptop atau notebook
d.      RAM
RAM adalah sebuah perangkat keras dalam laptop yang berbentuk lempengan kecil, yang berfungsi menyimpan data sementara sewaktu digunakan oleh processor. RAM berkapasitas berbeda beda dari mulai kapasitas besar sampai kapasitas terkecil
e.       Sound card
Sound card adalah perangkat keras yang berfungsi mengolah audio, sehingga audio itu bisa didengarkan oleh speaker dalam laptop, audio akan terdengar jika sebelumnya di instal driver sound
f.       LAN card
LAN card adalah perangkat dalam laptop yang berfungsi sebagai media untuk menghubungkan jaringan internet ke laptop melalui media kabel LAN.
g.      Kartu Grafis (VGA)
Hardware ini adalah perangkat untuk menampilkan gambar dalam laptop dan terdapat slot VGA untuk menghubungkan laptop ke perangkat lainnya misal menghubungkan ke proyektor.
h.      CD room atau DVD room
CD room atau DVD room adalah perangkat keras dalam laptop yang berfungsi untuk memutar kaset CD atau DVD sehingga bisa dibaca dalam laptop.
i.        Layar Monitor
Layar monitor sebuah perangkat untuk menampilkan gambar atau tampilan, perintah perintah yang di instruksikan akan ditampilkan di layar monitor.
j.        Touch pad
Touch pad dalam laptop fungsinya sama dengan mouse, untuk menunjukkan atau menggerakkan kursor pada layar monitor laptop dan menunjukkan aplikasi yang akan dijalankan. touch pad ini cukup menggunakan nya dengan sentuhan jari, dan touch pad ini sangat sensitif.
k.      Wifi
Perangkat ini berbentuk lempengan, yang berfungsi sebagai penangkap sinyal wifi atau wireless sehingga bisa mengakses internet, hardware ini bisa berfungsi jika sudah terinstal driver wifi nya.
l.        Baterai
Baterai adalah penyimpan daya pada laptop, baterai laptop ukurannya cukup besar. dan baterai ini bisa diisi kembali dengan cara mengaliri listrik dengan bantuan adaptor.
m.    Adaptor
Adaptor adalah perangkat atau media pengalir arus listrik ke laptop untuk disimpan di baterai atau juga langsung sebagai kabel power laptop.
B.     Software
    Pada dasarnya software yang digunakan pada komputer dan laptop adalah sama mulai dari sistem operasi, bahasa pemrograman, program aplikasi, program pendukung.
3.      Smartphone
A.    Hardware
1.      Generator Control Unit
a)      PN 914F569
GCU ini di buat oleh Hamilton Sundstrand, sebuah perusahaan penyuplai komponen industri penerbangan yang bermarkas di Amerika Serikat. GCU jenis ini diaplikasikan pada pesawat Fokker 28, pesawat asal Belanda yang ada sekitar tahun 70an atau 80an dan saat ini pabrik pesawat Fokker 28 tersebut sudah tidak beroperasi lagi. GCU ini memiliki 4 fungsi kontrol (Generator Control Relay, Power Ready Relay, Bus Fault Relay, dan Lock Out Relay) dan lima fingsi proteksi (Overvoltage, Undervoltage, Under Frequency, Over Current, dan Differential Protection) yang terkandung dalam GCU. Selain itu, GCU ini mengandung  self-test capabilities dan memberikan daya untuk pengoperasian kumparan yang terkandung dalam GCU.
b)      PN 976J862-15/-17
GCU jenis ini identik dengan GCU PN 976J862-14/16 dan digunakan pada jenis pesawat yang sama pula. Tetapi setiap berbeda desk pasti ada perbedaan yang signifikan pula.
a)      PN 976J862-14/-16
GCU ini juga diproduksi oleh Hamilton Sundstrand, yang di aplikasikan pada pesawat buatan amerika sendiri yaitu Boeing DC-10. Pesawat tersebut saat ini sudah tidak ada di Indonesia. Terakhir digunakan di Indonesia sekitaran tahun 2000.
2.      Prosesor
Exynos
    Processor ini dikembangkan oleh Samsung Electronics yang dibangun dengan basis System on a Chip (SoC) khusus untuk perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. Exynos pertama kali dirilis adalah 3110 atau yang sebelumnya dikenal dengan nama hummingbird atau S5PC110. Setelah exynos 3110, samsung kembali meluncurkan exynos 4212, yang menggunakan CPU ARM Cortex A9 dual core dengan clock antara 1.2 GHz hingga 1.5 GHz dan dilengkapi dengan GPU ARM Mali-400 MP4. Kelebihan yang ditawarkan CPU ini adalah multitasking, fitur game 3D dan hemat karena dibangun dengan proses High K Metal Gate 45nm, 32nm dan 28nm.
OMAP
    OMAP merupakan processor yang diproduksi oleh Texas Instrument, saat ini tersedia OMAP 1 sampai dengan OMAP 4. Processor OMAP 4 merupakan langkah awal texas instrument versi dual core Keunggulan OMAP mampu memberikan dan memproses tampilan situs

pada internet layaknya website pada PC, User interface lebih cepat dengan konsumsi daya lebih sedikit, menunjang kamera primer dan sekunder lebih kuat serta mampu menampilkan video Full HD.
Snapdragon
    Snapdragon merupakan jenis processor besutan Qualcomm yang paling banyak digunakan untuk smartphone android, kemampuan processor ini diklaim banyak pihak lebih baik dari processor lain. Hingga saat ini qualcomm meluncurkan beberapa generasi dari snapdragon dengan kemampuan yang bervarisasi.
3.      Memori
RAM
Seperti pada komputer, RAM (Random-access Memory) adalah jenis memori smartphone yang berfungsi sebagai penyimpan data sementara system
operasi. Karena sementara, jadi data yang tersimpan tidak akan menumpuk selamanya.
ROM
Di smartphone, ROM (Read Only Memory) dikenal juga sebagai memori internal. Berbeda dengan RAM, memori internal digunakan untuk menyimpan data secara permanen meliputi aplikasi, dokumen, foto, video, dan lagu.





Micro SD
Salah satu keunggulan Android dibanding iPhone adalah smartphone Android masih banyak yang dibekali slot kartu memori atau memori eksternal. Slot MicroSD ini bisa digunakan untuk menambah memori smartphone agar semakin luas dan leluasa dalam menyimpan data dan foto.
USB OTG
Sama seperti MicroSD, USB OTG juga berperan sebagai media penyimpanan data tambahan. Syaratnya, smartphone kamu harus sudah mendukung USB OTG. Dengan USB OTG, kamu bisa dengan mudah membaca data yang disimpan di flashdisk pada smartphone tanpa harus melakukan transfer data lewat komputer.
4.    Vibrator
Yaitu alat motor listrik kecil (dinamo) yang mempunyai bandul yang tidak seimbang, disaat bandul tersebut berputar dengan dengan cepat maka akan menghasilkan getaran lembut yang akan terasa oleh kita . sangat bagus sebagai isyarat panggilan masuk jika ponsel tidak ingin dibunyikan oleh Buzzer.
5.    LCD
berupa crystal cair yang terpadu sebagai media untuk mengubah sinyal elektrik menjadi karakter” huruf dan angka. LCD secara umum berfungsi menampilkan data keluaran dari system yang terdapat dalam ponsel. Data keluaran dapat berupa huruf, angka, pesan, penunjuk waktu, indicator batrai, dan indicator sinyal.
B.     Software
1.      Sistem Operasi
Windows Mobile
Adalah sistem operasi seluler yang ditawarkan oleh Microsoft. Versi terbaru yang sedang dikembangkan Microsoft adalah Photon, yang didasarkan pada Windows Embedded CE 6.0 dan diharapkan dapat mengintegrasikan versi smartphone dan Pocket PC.
Mobile Linux
Ponsel Linux pertama diluncurkan oleh Motorola pada bulan Februari 2003. Motorola seri A760 yang dirilis pertama kali di Cina ini menggunakan OS kombinasi dari kernel Linux yang didistribusikan oleh software Silicon Valley-based Monta Vista dan software lainnya dari bahasa pemrograman Java Sun Microsystems. Sistem operasi berbasis Linux yang dikembangkan oleh Google adalah Android.
Blackberry
perkembangannya perusahaan ini membuat terobosan baru dengan menciptakan pearangkat Blackberry yang terkenal dengan layanan push-email, dan sekarang blackberry berubah menjadi smartphone yang memiliki berbagai fungsi seperti, GPS, internet mobile, serta dapat mengakses Wi-FI.
2.      Program Aplikasi
Google Crome
Aplikasi web browser milik Google Inc. ini bisa dibilang terbaik saat ini. Browser yang mengklaim memiliki downstream tercepat dari yang lainnya ini memiliki banyak sekali keunggulan dengan mendukung fitur website yang semakin berkembang. Tapi untuk kebanyakan para web designer, Chrome menjadi pilihan kedua sebagai alat tester kode HTML yang mereka buat. Chrome bisa di instal di semua Operating System (OS).
Cell Phone Manager
Cell Phone Manager Mendukung kebanyakan ponsel Siemens, SonyEricsson, Nokia, Motorola, dan Samsung. Fungsi meliputi kontak, kalender, SMS, logo, nada, foto, browser yang multimedia, download aplikasi Java. Metode koneksi yang didukung: Kabel Data, IrDA,
Mobile Navigator
Mobile Navigator menyediakan sinkronisasi data ponsel-PC untuk kenyamanan dan manajemen maju. Ini seperti database Anda sendiri kontak yang memiliki perangkat berguna R-RW.
3.      Bahasa Pemrograman
Java
Bahasa pemrograman yang pertama adalah bahasa pemrograman Java. Bahasa pemrograman ini merupakan salah satu jenis bahasa pemrograman yang banyak kita temukan pada aplikasi – aplikasi, baik di dalam sebuah komputer, ataupun sebuah handphone dan juga smartphone. Dengan keunggulan ini, maka java memang benar – benar menjadi sebuah bahasa pemrograman yang sangat populer dan juga banyak dipahami dan mudah untuk dipelajari.
Javascript
Berbeda dengan bahasa pemrograman Java yang focus pada pengembangan aplikasi dan juga software berbasis OS dan juga Non – OS, maka JavaScript memfokuskan dirinya pada bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan sebuah website. Banyak sekali website – website yang menggunakan JavaScript sebagai bahasa pemrograman utama mereka.
HTML
HTML atau CSS merupakan bahasa pemrograman yang paling dasar digunakan pada pengembangan sebuah situs ataupun website. HTML atau CSS ini banyak digunakan pada berbagai macam situs web terkemukan, seperti pada era 2000-an digunakan oleh situs jejaring sosial Friendster, dan beberapa website hingga saat ini, seperti Blogspot.
  C.     Mekanisme Kerja
1.      Komputer
A.    Hardware
   Dalam sebuah sistem komputer, perangkat keras (Hardware) didefinisikan sebagai komponen-komponen komputer yang dapat ditangkap dengan indera peraba. Hardware dalam sistem komputer dibagi menjadi beberapa bagian diantaranya perangkat Input, perangkat proses, dan perangkat output.
1.      Keyboard
        Keyboard adalah alat yang banyak digunakan dan menjadi mutlak
untuk digunakan. Keyboard memiliki fungsi yang mirip dengan mesin ketik hanya saja keyboard ini memiliki beberapa kemampuan tambahan diantaranya adalah terdapat tombol-tombol fungsi mulai dari F1 sampai F12 yang umumnya digunakan untuk suatu perintah tersebut tergantung dari pada aplikasi atau program yang sedang digunakan. Keyboard yang selama ini dibagi menjadi dua tipe. Tipe Qwerty dan tipe Dvorak. Dengan pertumbuhan teknologi yag sangat pesat mengakibatkan saat ini keyboard sudah menggunakan teknologi yang super canggih , misal

 teknologi keyboard tanpa kabel (wireless).
Dari sisi tombol yang digunakan keyboard memiliki perkembangan yang tidak terlalu pesat sejak ditemukan pertama kali. Yang terjadi hanyalah penambahan-penambahan beberapa tombol bantu yang lebih mempercepat pembukaan aplikasi program. Struktur tombol pada keyboard terbagi atas 4 (empat) yaitu.
Tombol ketik
Tombol ketik adalah salah satu bagian dari keyboard yang berisi huruf dan angka serta tanda baca. Ada dua jenis susunan huruf pada keyboard
yaitu QWERTY dan DVORAK, namun yang terbanyak digunakan sampai saat ini adalah QWERTY.
Numeric Keypad
Numeric Keypad merupakan bagian khusus dari keyboard yang berisi angka dan sangat berfungsi untuk memasukan data berupa angka dan operasi pergitungan. Stuktur angkanya dususun menyerupai kalkulator dan alat hitung lainya.


Tombol Fungsi (Function Keys)
Tahun 1986, IBM menambahkan beberapa tombol fungsi pada keyboard sandart. Tombol ini dapat dipergunakan sebagai perintah khusus yang disertakan pada sestem operasi maupun aplikasi.
Tombol Kontrol (Control Keys)
Tombol ini menyediakan kontrol kontrol terhadap kursor dan layar. Tombol yang termasuk dalam kategori ini adalah 4 tombol bersimbol panah di antara tombol ketik dan numeric kaypad, home, end, insert, delete, page up, page down, control (ctrl), alternate(alt), dan escape(esc).
2.      Mouse
    Mouse adalah sebuah alat yang digunakan sebagai pengatur posisi kursor (tanda panah yang sering kali bergerak ketika kita menggeserkan mouse). Pada awalnya mouse yang ada adalah masih menggunakan roda di bawahnya, namun dengan perkembangan yang pesat dari teknologi saat ini mengakibatkan perkembangan perangkat komputer mengalami kemajuan yang luar biasa, sampai saat ini mouse sudah menggunakan teknologi infrared dan teknologi wireless.
3.      Scanner
    Scanner adalah alat yang digunakan secara otomatis untuk memasukan data baik berupaguruf, angka maupun gambar pada
Selembar kertas atau objek lain ke dalam CPU dan akan ditampilkan pada layar monitor. Scanner pada awal pembuatanya adalah dibuat hanya untuk memasukan sample dari suatu penelitian pada selembar kertas dan menjalankan operasi berdasarkan nilai yang diterimanya. Namun dengan perkembangan teknologi yang sedemikian pesatnya scanner saat ini sudah bisa digunakan untuk memasukan objek dari sebuah benda secara langsung sehingga objek yang masuk ke dalam komputer dapat berupa gambar seperti tiga dimensi. Dan kini dipasaran telah dapat kita jumpai scanner yang difungsikan juga sebagai printer dalam satu mesinnya.
4.      Monitor
    Monitor merupakan salah satu perangkat yang berguna menampilkan informasi yang dihasilkan dari proses input. Ada tiga jenis monitor saat ini monitor CRT, monitor LCD, dan monitor LED.
5.      Printer
    Piranti ini berfungsi untuuk mencetak proses dari masukan (input). Terdapat berbagai macam jenis-jenis printer antara lain
a)      Dot Matrix Printer, yang berkerja deengan cara hentakan. Jenis printer ini sebenarnya menghentakan tinta di atas karbon untuk membentuk karakter di atas kertas. Printer ini banyak digunakan untuk mencetak slip gaji dan wartel.
b)      Inkjet Printers, Jenis printer ini sering digunakan untuk penctakan dalam jumlah yang sedikit dan tidak mengutamakan kecepatan, seperti mencetak surat di perkantoran dan di rumah.
c)      Laser Printers, ialah jenis printer yang menghasilkan cetakan yang baik dengan kecepatan tinggi. Printer ini didesain untuk memberikan hasil yang bagus dalam pencetakan grafik dan photo.
6.      Speaker
    Speaker berfungsi untuk menhasilkan suara yang telah diproses di dalam komputer. Speaker juga termasuk perangkat output 
1.      Motherboard
    Sebuah papan induk yang menyediakan koneksi logic dan elektrik antar komponen dalam sebuah komputer. Pada komputer modern motherboard merupakan PCB yang kompleks dan berisikan komponen dan interkonektor seperti soket dan slot. Minimal di dalam motherboard
terdiri atas konektor:
-          Soket Microprosesor
-          Slot ke Memori Utama
-          Chipset, yang Menjadi Perantara antara CPU dengan Front-side Bus yang berfungsi untuk menendalikan perangkat input/output lain
-          Chip Memory Non-Volatile (tetap), biasanya berupa Flash ROM seperti BIOS
-          Generator Waktu, yang mengendalikan waktu sistem dan sinkronisasi berbagai macam komponen
-          Slot, untuk kartu tambahan berupa PCI dan AGP
-          Konektor Daya, untuk menerima suplai energi dari power supply


2.      MEMORI
    Memori merupakan perangkat keras yang digunakan untuk menyimpan data, instruksi yang harus dilakukan proses maupun hasil dari proses yang dilakukan oleh sebuah komputer. Memori di kelompokan menjadi dua yaitu ROM dan RAM.
ROM
    ROM atau Read Only Memori adalah medium penyimpanan data pada komputer. ROM bersifat permanen artinya adalah program/data yang disimpan di dalam ROM tidak mudah hilang atau berubah walaupun aliran listrik dimatiakan. ROM dalam komputer modern berupa IC. Data dalam ROM dimasukan langsung melalui mask pada saat perakitan chip, hal ini yang membuatnya sangat ekonomis terutama jika kita memproduksi dalam jumlah yang banyak. 
RAM
    RAM atau Random Accses Memory adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tidak tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori.perusahaan semikonduktor yang mulai debut pertamanya memproduksi RAM ini adalah INTEL dengan memproduksi RAM dengan tipe DRAM. Saat ini dipasaran juga dapat dijumpai jenis/tipe RAM diantaranya jenis DDR.
3.      PROSESOR
    Prosesor adalah lempengan khusus berisi rangkaian IC (Integrated Circuit) yaitu kumpulan transistor terpadu dalam satu silikon, contohnya Intel, AMD, dll. Processor digunakan untuk memproses data atau program yang dimasukkan melalui peralatan input.
4.      BIOS
    BIOS adalah dingkatan dari Basic Input Output System. BIOS merupakan semacam software yang langsung terinstal dalam chip yang dijalankan oleh PC manakala komputer dihidupkan.

Fungsi BIOS adalah mengidentifikasi dan menganalisis komponen perangkat keras seperti Hardisk, CD, Floopy serta untuk mencari program lain pada perangkat keras tersebut yang dapat mengendalikan PC. Proses ini dikenal dengan istilah booting atau booting up.
5.      SOUND CARD
    Sound Card adalah suatu perangkat keras komputer untuk mengeluarkan suara dan juga untuk merekam suara.
6.      VGA (Vidio Grafhics Adapter)
    Merupakan perangkat keras pada PC yang dapat mendisplay gambar melalui konektor. Perangkat ini terhubung ke mothercoard melalui PCI, AGP, serta PCI express.
7.      HARDISK
    Merupakan perangkat keras komputer yang digunakan sebagai media penyimpanan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Dalam perkembanganya hardisk ini mengalami perkembangan yang pesat dimana saat ini bentuk fisiknya menjadi semakin tipis dan kecil namun mempunyai kapasitas yang sangat besar.

8.      PCI (Periferal Component Interconnect)
    Merupakan bus khusus pada komputer yang berguna sebagai tempat menancapkan perangkat periferal ke motherboard.
B.     Software
1.      Sistem Operasi
    Sistem operasi yaitu program yang berfungsi untuk mengendalikan  sistem kerja media input, output, table pengkodean, memori, penjadwalan prosesor, dll. Berfungsi sebagai penghubung antara manusia dengan perangkat keras dan perangkat lunak yang akan digunakan. Adapun fungsi utama sistem operasi adalah
-          Menyimpan program dan aksesnya
-          Membagi tugas didalam CPU
-          Mengalokasikan tugas-tugas penting
-          Merekam sumber-sumber data
-          Mengatur memori sistem termasuk penyimpanan, menghapus dan mendapatkan data 
-          Memeriksa kesalahan sistem
-          Memelihara keamanan sistem, khusus pada jaringan yang membutuhkan kata sandi (password) dan penggunaan ID
Contoh sistem operasi misalnya: Disk Operating System (DOS), Microsoft, Windows, Linux, dan Unix.
2.      Program Aplikasi
    Program aplikasi adalah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk kebutuhan tertentu, misalnya program pengolah kata, mengolah lembar kerja, program presentasi, desing grafis,
3.      Bahasa Pemrograman (Programming Language)
    Perangkat lunak bahasa yaitu program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke bahasa mesin dengan aturan atau prosedur tertentu, agar diterima oleh komputer. Ada 3 level bahasa pemrograman, yaitu :
1.      Bahasa tingkat rendah (low level language) Bahasa ini disebut juga bahasa mesin (assembler), dimana pengkodean bahasanya menggunakan kode angka 0 dan 1.
2.      Bahasa tingkat tinggi (high level language) Bahasa ini termasuk dalam bahasa pemrograman yang mudah dipelajari oleh pengguna komputer karena menggunakan bahasa Inggris. Contohnya : BASIC, COBOL, PASCAL, FORTRAN.
3.      Bahasa generasi keempat (4 GL) Bahasa pemrograman 4 GL (Fourth Generation Language) merupakan bahasa yang berorientasi pada objek yang disebut Object Oriented Programming (OOP). Contoh software ini adalah : Visual Basic, Delphi, Visual C++ 4. Program Bantu (Utility)
4.      Program Bantu (Utility)
    Perangkat Bantu merupakan perangkat lunak yang berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan komputer, misalnya memformat disket, mengopi data, mengkompres file, dan lain-lain.

2.      Laptop
A.    Hardware
Hardware adalah perangkat keras yang merupakan salah satu elemen dari sistem laptop, suatu alat yang bisa dilihat dan diraba manusia secara langsung, yang mendukung proses komputerisasi seperti perangkat masukan (input), perangkat pemroses, maupun perangkat keluaran (output).
Perangkat Pemroses
1.      Motherboard
Fungsi motherboard yaitu sebagai penghubung dan tempat bertemunya koneksi semua hardware laptop, mulai dari power supply, prosesor, RAM, harddisk, mouse, keyboard dan yang lainnya. Prinsip kerja yaitu menyediakan jalur komunikasi antar bagian laptop.
Salah satu fungsi lagi dari motherboard yang tak kalah penting, yaitu sebagai pengontrol sistem input output dasar pada laptop. Sistem input output dasar pada komputer lazimnya juga dengan BIOS (Basic Input Output System). Sistem inilah yang mengatur susunan, alamat dan interupsi semua hardware pada laptop.

2.      Processor
    prosesor laptop dipasang langsung pada motherboard tanpa menggunakan socket. Ada juga laptop yang menggunakan suatu Micro-FCBGA (Flip Chip Ball Grid Array), yang mana menggunakan bola sebagai pengganti pin. Desain ini menghemat ruang, akan tetapi pada kasus ini berarti prosessor tidak dapat dilepaskan dari motherboard untuk diganti atau di upgrade. Beberapa laptop menggunakan komponen-komponen dari CPU desktop yang di set untuk bekerja pada clock speed yang lebih rendah. Meski hal ini dapat meningkatkan performa, namun laptop ini sering berjalan dengan panas yang berlebihan dan secara segnifikan mengurangi masa pakai baterai.
3.      Memori
    Sebuah memory laptop sangat mempengaruhi performa kecepatan laptop. beberapa laptop memiliki cache memory yang ditempatkan dekat dengan prosesor, hal ini memungkinkan akeses data yang lebih cepat. Beberapa juga memiliki jalur buss yang lebih besar, memungkinkan data dapat bergerak dari prosesor ke motherboard dengan lebih cepat.

4.      Sound Card
    Sound Card dapat mengubah  suara dalam bentuk sinyal digital ke dalam bentuk sinyal analog yang dikeluarkan oleh speaker. Sinyal digital tersebut sebelumnya telah disimpan dalam memori komputer dalam bentuk format waveform (.wav atau mp3). Format data digital ini di proses oleh DSP (Digital Signal processing) bekerja dengan DAC (Digital Analog Converter ) mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, yang kemudian sinyal analog diperkuat dan dikeluarkan melalui speaker.
5.      VGA
    VGA sendiri memang seringkali digunakan untuk dihubungkan pada resolusi layar monitor pada komputer yang mana tentu saja VGA ini memiliki cara kerja yang bisa menerjamahkan keluaran dari sebuah komputer ke monitor.  Kegiatan dari VGA Card ini tentu akan terlihat nyata ketika Anda ingin bermain game yang membutuhkan grafis yang tinggi dan memerlukan kapasitas dan kualitas yang bagus.
 
6.      Hardisk
    Harddisk merupakan ruang simpan utama dalam sebuah computer. Di situlah seluruh sistem operasi dan mekanisme kerja kantor dijalankan, setiap data dan informasi disimpan.
7.      CD Room
    Piringan CD-ROM biasanya berwarna perak. Proses pembuatannya adalah dengan cara menaruh selembar lapisan plastik yang telah disinari oleh sinar laser. Sinar laser itu akan membentuk semacam pit (lubang) berukuran mikro, yang sangat kecil sekali. Lubang-lubang itu akan membentuk deretan kode yang isinya berupa data. Sekali tercipta lubang, maka tidak bisa ditutup lagi. Lalu lapisan plastik itu akan dibungkus lagi oleh plastik cair yang berguna sebagai pelindung dan pemantul. Semua itu prosesnya dilakukan secara bertahap dalam suatu mesin cetakan. Alat cetakan CD-ROM bentuknya mirip cetakan kue martabak manis dan analogi pembuatannya juga mirip seperti itu. CD-ROM bersifat read only

(hanya dapat dibaca, dan tidak dapat ditulisi). Untuk dapat membaca
isi CD-ROM, alat utama yang diperlukan adalah CD Drive. Perkembangan CD-ROM terkini memungkinkan CD dapat ditulisi berulang kali (Re Write / RW) yang lebih dikenal dengan nama CD-RW.
8.      Baterai
    Bateri litium-ion tanpa cairan sebagai bahannya, pertama kali dikembangkanoleh ilmuwan Jepang, Yoshino Akira, yang memadukan karbon, litium danpolimer sebagai anoda. Dan di tahun 1991 untuk pertama kalinya baterai litium-ion diproduksi secara massal oleh Sony Corp berkerja sama dengan Asahi KaseiCorp. Sejak saat itu dan hingga saat ini, baterai litium-ion terus berkembangpesat terutama sebagai sumber energi pada hp dan laptop.Jika dibandingkan dengan baterai lainnya seperti baterai nikel-metal hidrida, baterai alkaline, dan baterai biasa. Baterai Lithium-ion atau Li-ion lah yangmenghasilkan teganagan paling besar.
1.      Touch Pad
    Touchpad (juga biasa disebut TrackPad) adalah perangkat penunjuk (pointer) yang terdiri dari permukaan khusus yang bisa menerjemahkan gerakan dan posisi jari pengguna ke posisi relatif di layar. Touchpad adalah fitur umum dari laptop dan juga digunakan sebagai pengganti mouse komputer di space meja yang kecil. Touchpad mempunyai ukuran yang bervariasi tetapi jarang dibuat lebih dari 40 cm2 (6,3 x 6,3 cm atau sekitar 6 inci ²). Touchpad juga dapat ditemukan pada Personal Digital Assistant (PDA) dan beberapa media player portabel, seperti iPod menggunakan click wheel.
2.      Keyboard
    Ketika prosesor menemukan rangkaian tertutup (tersambung karena adanya penekanan tombol), maka prosesor akan membandingkan lokasi yang rangkaian tertutup tersebut dengan peta karakter yang
tersimpan dalam ROM (read only memory) keyboard.
Peta karakter pada dasarnya adalah tabel daftar karakter yaitu daftar posisi tiap-tiap tombol atau kombinasi tombol beserta karakter yang direpresentasikannya.
Sebagai contoh, peta karakter memberitahu prosesor bahwa menekan tombol “a” sendirian menghasilkan huruf kecil “a”, tetapi tombol Shift bersama tombol “a” bersama-sama akan menghasilkan huruf kapital.
1.      Screen
Monitor CRT
Prinsip kerja monitor konvensional, monitor CRT (Cathode Ray Tube), sama dengan prinsip kerja televisi yang berbasis CRT. Elektron ditembakkan dari belakang tabung gambar menuju bagian dalam tabung yang dilapis elemen yang terbuat dari bagian yang memiliki kemampuan untuk memendarkan cahaya.
B.     Software
1.      Sistem Operasi
    adalah program yang berfungsi untuk mengendalikan sistem kerja yang mendasar, sehingga mengatur kerja media input, output, tabel pengkodean, memori, penjadwalan prosesor, dan lain-lain sebagainya. Sistem operasi ini berfungsi sebagai penghubung antara manusia dengan perangkat keras dan perangkat lunak yang akan digunakan. Fungsinya
antara lain :
1. Menyimpan program dan aksesnya.
2. Membagi tugas di dalam CPU.
3. Mengalokasikan tugas-tugas penting.
4. Merekam sumber-sumber data.
5. Mengatur memori sistem termasuk penyimpanan, menghapus dan
  mendapatkan data.
6. Memeriksa kesalahan sistem- Multitugas pada OS/2″, Windows ’95″,
  Windows ’98″, Windows NT”, /2000/XP.


2.      Program Aplikasi
    Adalah suatu subkelas perangkat lunak (software) komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung, untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan si pengguna. Program ini dibuat programmer dan sudah disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya.
3.      Bahasa Pemrograman
    Adalah program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke bahasa mesin dengan aturan atau prosedur tertentu, agar diterima oleh komputer.g. Program Bantu (utility) Program bantu merupakan perangkat lunak yang berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan komputer, misalnya memformat disket, mengopi data, mengkompres file, dan lain-lain.
3.      Smartphone
A.    Hardware
1.      Control Unit dalam sistem Smartphone
1. CU bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada

  pada sistem smartphone.
2. CU mengatur kapan alat input menerima data dan kapan diolah serta
  kapan ditampilkan pada alat output.
3. CU mengartikan instruksi-instruksi dari program smartphone,
  membawa data dari alat input ke main memory, mengambil data dari   
  main memoryuntuk diolah.
4. Untuk perhitungan arithmatika dan perbandingan logika, CU mengirim
  instruksi ke ALU. Hasil dari pengolahan dibawa oleh CU ke main
  memory untuk disimpan
2.      ALU (arithmetic and logic unit)
    ALU bertugas melakukan semua perhitungan arithmatika/matematika yang terjadi sesuai intsruksi program ALU melakukan operasi arithmatika (penjumlahan, pengurangan, perkalian pembagian) dengan dasar pertambahan sehingga sirkuit elektronik di ALU yang digunakan untuk operasi arithmatika disebut adder Tugas lain ALU adalah melakukan keputusan dari operasi logika sesuai dengan instruksi program.

Operasi logika meliputi perbandingan 2 buah sistem logika dengan menggunakan operator logika. Register merupakan simpanan kecil yang mempunyai kecepatan tinggi, lebih cepat 5-10 kali kecepatan perekaman atau pengambilan data di main memory. Register digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses oleh CPU, sedang instruksi-instruksi dan data lainnya yang menunggu giliran untuk diproses masih disimpan di main memory.
3.      Memori dalam sistem Smartphone
    RAM (Random Access Memory) Semua data dan program yang dimasukkan melalui alat input akan disimpan dahulu di main memory, khususnya RAM. RAM dapat diakses secara acak (dapat diisi/ditulis, diambil atau dihapus isinya) oleh pemrogram.
Struktur RAM dapat dibagi jadi 4 :
a. Input Storage, diguakan untuk menampung input yang dimasukkan
  melalui alat input
b. Program Storage, digunakan untuk menyimpan semua instruksi
  program yang akan diakses

 c. Working Storage, digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah  
   dan hasil pengolahan.
 d. Output Storage, digunakan untuk menampung hasil akhir dari
   pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output.
ROM (Read Only Memory)
ROM hanya dapat dibaca sehingga pemrogram tidak dapat mengisi sesuatu ke dalam ROM, ROM diisi oleh pabrik pembuatnya berupa sistem operasi yang terdiri dari program pokok yang diperlukan oleh sistem Smartphone. Misal : program untuk mengatur penampilan karakter di layar, pengisian tombol kunci papan ketik untuk keperluan control tertentu dan bootstrap program. Bootstrap Program diperlukan pada saat pertama kali sistem Smartphone diaktifkan.
4.      Prosesor
Tegra
    Processor product nvidia ini sangat maju dikarenakan lebih dulu melakukan release quad core sementara produsen lain masih memproduksi dual core. Product quad core tersebut adalah nvidia tegra 3 yang dibangun

dengan menggunakan arsitektur ARM Cortex A9 dengan core maximum 1.4GHz. Processor ini mempunyai keunggulan mampu menampilkan kualitas gambar dengan konsumsi daya yang minimum, selain itu processor ini juga mampu memutar video dengan resolusi yang besar. Jika anda gemar bermain game dan memutar video, mungkin tegra adalah pilihan yang cocok untuk anda
MediaTek
    MediaTek atau yang lebih dikenal dengan MTK merupakan perusahaan semikonduktor dan menjual komponen untuk perangkat komunikasi nirkabel. Di Taiwan, mediatek merupakan pembuat chip terbesar dan juga termasuk perusahaan semikonduktor terbesar, sementara dibidang chipset smartphone, menurut data dari strategic analytic, mediatek menduduki peringkat ketiga setelah snapdragon dan exynos. Selain memiliki berbagai keunggulan, processor mediatek dikenal sebagai processor dengan harga murah namun memiliki kualitas yang mengagumkan.


PXA
    Processor ini merupakan produk dari marvell, sekalipun jarang dipakai namun processor tersebut juga dipakai pada smartphone baik perangkat android maupun platform lain. Processor tersebut juga menggunakan teknologi SoC (System On a Chip)
B.     Software
1.      Sistem Operasi
a)      Android
Android memang didesain meninggalkan fungsi menutup / mematikan aplikasi. Para perancang Android menilai hal ini dinilai tidak efisien, atas dasar pengguna ponsel akan menggunakan dan berinteraksi dengan berbagai macam aplikasi sepanjang hari.
b)      iOS
sistem operasi perangkat bergerak yang dikembangkan dan didistribusikan oleh Apple Inc. Sistem operasi ini pertama diluncurkan tahun 2007 untuk iPhone dan iPod Touch, dan telah dikembangkan untuk mendukung perangkat Apple lainnya seperti iPad dan Apple TV

2.      Program Aplikasi
    Dengan mini program, pengguna aplikasi smartphone We Chat nantinya bisa mengedit foto seperti Prisma, mencari konten, dan bisa digunakan untuk mencari resep. Mini program di We Chat bisa memberikan pengalaman baru nan menyenangkan kepada pengguna. We Chat memang tidak memiliki toko aplikasi seperti Google dan Apple. Cara ini jelas merupakan langkah strategis bagi Tencent dan We Chat untuk mendominasi pasar Tiongkok. Hal itu karena Google Play Store diblokir dan tidak bisa digunakan oleh pengguna smartphone Android Tiogkok.
3.      Bahasa Pemrograman
    Pemrograman Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai smartphone. Program ini banyak mengadopsi sintaksis yang terdapat pada C++ namun dengan sintaksis model objek yang lebih. Program Java merupakan bahasa pemrograman yang bersifat umum/non spesifik, dan secara kusus didesain untuk memanfaatkan dependensi implementasi seminimal mungkin.
BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
    Dalam kesimpulan kali ini kita telah mengetahui apakah Definisi, Macam-macam, dan Mekanisme kerja dari Hardware, software, dan brainware pada komputer, laptop, dan smartphone. Hardware merupakan perangkat keras yang dapat disentuh oleh indra peraba. Software merupakan perangkat lunak tidak dapat disentuh oleh indra peraba. Brainware merupakan si pengguna dari komputer, laptop, ataupun smartphone. Banyak kesamaan hardware dan software pada komputer, laptop, maupun smartphone seperti : hardisk, VGA, Keyboard, dll. Tetapi mereka semua memiliki kinerja dan sistem yang berbeda beda sesuai dengan kebutuhan dan si pengguna dari perangkat tersebut.
B.     Saran
    Kami sebagai penulis menyadari bahwa banyak kesalahan dalam penulisan makalah ini. Kami berharap pembaca dapat memberikan saran ataupun kritik guna menyempurnakan makalah ini.

Daftar Pustaka

Hasyim, F. (2013, Desember 22). Konsep Perangkat Keras Pada Smartphone. Retrieved from http://alhuaseem.blogspot.co.id/2013/12/konsep-input-proses-dan-output-konsep.html
III, K. (2008, Maret Sabtu). Cara Kerja Laptop . Retrieved from http://seputarteknologi.blogspot.co.id/2008/03/cara-kerja-laptop.html
Media, C. (2015, Maret 5). Belajar Pemrograman Java Android dari Pemula hingga Advance. Retrieved from http://www.infocreativemedia.com/pemrograman-java-mobile-android/
Nanank. (2011, November Sabtu). Cara kerja Perangkat keras. Retrieved from http://ballastia.blogspot.co.id/2011/11/cara-kerja-hardware.html?m=1
Niko. (2013, Oktober Minggu). Pengertian dan Cara Kerja keyboard Komputer. Retrieved from http://www.pintarkomputer.com/pengertian-dan-cara-kerja-keyboard_8/
Purnomo, E. (2015, mei Sabtu). Prinsip Kerja Motherboard Komputer. Retrieved from http://www.nulis-ilmu.com/2015/03/prinsip-kerja-motherboard-komputer.html
Sahid, M. (2017, mei 5). Macam Macam Perangkat Lunak (Software) dan Fungsinya . Retrieved from http://www.ilmusahid.com/2014/11/macam-macam-perangkat-lunak-software.html
Syarul. (2010). Organisasi dan Arsitektur Komputer. Yogyakarta: ANDI.
Wikipedia. (2017, Oktober Minggu). Laptop. Retrieved from https://en.wikipedia.org/wiki/Laptop
Wikipedia. (2017, Oktober Rabu). Ponsel cerdas . Retrieved from  https://id.wikipedia.org/wiki/Ponsel_cerdas





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Logika Proposisional

Kalimat Berkuantor